Bahasa : IndonesiaIndonesia | EnglishEnglish

Tentang Kami

Latar Belakang

Kondisi geografis dan kemajemukan masyarakat Indonesia mengakibatkan kurang meratanya pelayanan kesehatan. Pakar Biomedika Indonesia adalah perusahaan nasional yang bertujuan untuk mempercepat pemerataan pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang sarana diagnostik. Perhatian di bidang diagnostik diberikan karena diyakini bahwa proses deteksi penyakit adalah awal untuk memperbaiki pengelolaannya hingga mudah distandarisasi. Dengan teknologi yang ada di dunia saat ini, Pakar Biomedika berkomitmen untuk membuat dan mengadakan peralatan diagnosis yang esensial dan akurat namun tetap mudah digunakan. Alat yang disebut sebagai "point of care testing devices" akan dapat bermanfaat di setiap jenis layanan kesehatan bahkan yang terpencil sekalipun.

Pendiri dan Pengelola

Bachti Dr. Bachti Alisjahbana

Seorang dokter ahli penyakit dalam dan ahli infeksi. Lulus dari FK Universitas Indonesia tahun 1989, menamatkan ahli penyakit dalam di FK UNPAD tahun 1999 dan S3 di Universitas Nijmegen, Belanda. Ia berpengalaman di daerah terpencil di Papua selama 3 tahun. Sebagian besar waktunya saat ini diberikan pada upaya peningkatan kualitas pengelolaan penyakit infeksi untuk dengue, HIV, TBC dan malaria. Cita-citanya adalah agar semua sentra pelayanan kesehatan masyarakat termasuk yang di ujung tombak di lapangan dapat mengelola penyakit infeksi secara terpadu dan menyeluruh. Penggunaan teknologi yang tepat guna akan memudahkan pencapaian cita-citanya ini.

Sukwan Dr. Sukwan Handali

Sejak lulus dokter dari Universitas Indonesia tahun 1983, Dr. Handali telah berupaya mengembangkan upaya kesehatan bagi masyarakat pinggiran. Pengalaman kerjanya dimulai di pedalaman Irian Jaya/Papua selama lebih dari 13 tahun. Beliau melanjutkan pendidikan S2 di Inggris dan S3 di Tulane, Amerika Serikat, dan sekarang bekerja di CDC Atlanta dalam upaya pengembangan alat diagnostik cepat untuk berbagai penyakit infeksi. Beliau mempunyai cita-cita bahwa pelayanan kesehatan yang baik dapat di berikan di setiap pelosok Indonesia tanpa ada batasan. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan efektif walau dengan sumber daya yang terbatas di daerah terpencil.

Sukwan Anna Alisjahbana MD, PhD, Prof (EM)
Dokter spesialis anak berpengalaman dalam meningkatkan potensi dukun bayi dan menurunkan angka kematian di desa. Mempunyai keyakinan bahwa potensi (kualitas) anak harus dikembangkan sejak usia dini bahkan sejak dalam kandungan ibunya. Hal ini hanya bisa tercapai bila upaya peningkatan kesehatan ditargetkan pada remaja putri, calon ibu dan bayi serta anak itu sendiri. Dalam kegiatan peningkatan kualitas pelayanan persalinan, beliau telah berhasil mengembangkan alat resusitasi atau bantuan pernapasan bayi sederhana untuk dukun dan bidan di desa. Beliau juga berkeyakinan bahwa strategi program melalui pendekatan akar rumput ( bottom-up approach) akan diterima masyarakat dan berkelanjutan.

Misi

Kondisi geografis dan kemajemukan masyarakat Indonesia mengakibatkan kurang meratanya pelayanan kesehatan. Pakar Biomedika Indonesia adalah perusahaan nasional yang bertujuan untuk mempercepat pemerataan pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang sarana diagnostik.

Maksud dan Tujuan Perusahaan

  1. Mengembangkan dan memproduksi alat-alat diagnosis penyakit yang sederhana dan mudah.

  2. Membuat alat kesehatan yang tepat guna dan terjangkau oleh masyarakat.